BERBAGAI PERSOALAN KOMPUTASI

 9B_20_MOCH ILHAM ABDUL LATIF

Langkah-langkah untuk membuat program fungsi kuadrat di Scratch dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

(1) Jalankan Scratch dan buat proyek yang baru.

(2) Tambahkan background berupa gambar garis sumbu x dan y menggunakan file yang sudah disiapkan untuk sumbu x dan y pada grafik fungsi yang akan digambar.


(3) Atur size dari sprite 1 menjadi 20%.
(4) Tambahkan variabel-variabel yang akan digunakan dalam penghitungan dan menggambar grafik fungsi.
         a. Variabel a, b, dan c untuk menyimpan nilai konstanta untuk fungsi y = ax+ bx + c. Atur agar  
           nilai ketiga variabel ditampilkan di stage
         b. Variabel D menyimpan nilai determinan fungsi, nilai ditampilkan di stage
        c. Variabel xp dan yp untuk menyimpan nilai x minimum/maksimum dan y minimum/maksimum.     
        Nilai kedua variabel ditampilkan di stage.
        d. Variabel x1  dan x2   untuk menyimpan nilai akar dari fungsi. Nilai kedua variabel ditampilkan                 dalam stage.
         e. Variabel x dan y untuk menyimpan nilai x dan y sesungguhnya untuk setiap titik yang ketika                  menggambar grafik fungsi. Nilai kedua variabel tidak ditampilkan di stage.
         f. Variabel Titik X dan Titik Y untuk menyimpan nilai x dan y setelah dikonversi dengan skala                    stage di scratch untuk setiap titik yang dipakai ketika menggambar grafik fungsi. titik X dan             
       Titik Y merupakan nilai x dan y dikali dengan 10. Nilai kedua variabel tidak ditampilkan di                
     stage.

(5) Perhatikan stage, variabel yang ditampilkan di stage akan tampak seperti gambar 


(6) Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru dengan nama 'Atur kondisi awal', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.


(7) Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'Tentukan nilai masukan', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 1.5

(8) Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'hitung D, xp, dan xp', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.



(9) Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'Hitung x1  dan x', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.



(10) Pada tab My Blocks, tambahkan blok baru dengan nama 'Gambar grafik', kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut.



(11) Jalankan program, beri input yang sesuai dan perhatikan apakah sesuai dengan yang diharapkan. Tampilan program akan tampak seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.8.
(12) Simpan Pekerjaan.



dan ini adalah hasilnya.

Komentar